Monday, October 22, 2012

Pepes Ikan Bumbu Iris

Kita bikin pepes lagi yukkkk. Kali ini saya mencoba pepes ikan mas resep Yasaboga. Bedanya dengan Pepes Ikan posting sebelumnya, pepes ikan ini bumbunya hanya diiris, tidak perlu dihaluskan/ulek.

Pepes Ikan Mas
Sumber: Yasaboga (modified by Widya)


Note from Widya:
Dalam resep ini, bumbu hanya iris. Metode masak pepes bukan dengan kukusan, melainkan dengan oven (metode wet heat). Jika tidak punya oven, bisa juga dicoba dengan kukusan. Hanya menggunakan oven lebih praktis, tidak pelu bolak-balik menambahkan air kukusan.

Yang perlu diperhatikan untuk pepes bumbu iris ini, keberadaan cabe rawit utuh sangat penting. Justru rasa pedas ini yang akan memberikan sensesi tersendiri. 

Untuk pepes bumbu iris ini, rasa bumbu kurang menyerap ke ikan. Rasa akan didominasi rasa gurih dan manisnya ikan, rasa bumbu iris, dan rasa pedas cabe rawit utuh yang akan meletus saat tergigit.



Bahan:
1 ekor/750 gr          ikan mas (Widya:pakai ikan Tilapia
2 bh                         cabe merah, iris serong kasar
7 bh                         bawang merah, iris tipis
3 siung                    bawang putih, iris tipis
10 bh                       cabe rawit
2 bh                         tomat, potong-potong
10 cm                      kunyit, kupas, iris tipis memanjang
3 cm                        lengkuas, iris tipis
5 lbr                         daun salam
3 btg                        sereh, potong 2 memarkan
25 gr                        daun kemangi
½ sdt                       garam (Widya: ini tambahan saya sendiri)
daun pisang (Widya: daun pisang frozen, keluarkan dari freezer, cuci, tiriskan)




Cara membuat:


1. Setelah dibersihkan dan dicuci, beri beberapa sayatan pada badan ikan. Lumuri dengan air jeruk nipis (Widya: pakai lemon) dan ½ sdt garam, biarkan 30 menit. Tiriskan

2. Campur semua bahan lain dengan 1 sdt garam, lumurkan pada badan ikan, bungkus, satu persatu dengan daun pisang, sematkan kedua ujungnya (Widya: bungkus lagi dengan aluminium foil, lihat posting Pepes Tahu).



3. Panggang di atas bara api/ di dalam oven sampai matang dan air ikan tidak keluar dari bungkusan (Widya: ikan saya panggang di oven pada suhu 200oC selama ± 1jam, menggunakan api atas & bawah. Ikan dibalik pada 30 menit pertama. Jika menginginkan aroma daun pisang bakar, maka aluminum dibuka setelah matang lalu pepes dibakar kembali )






Nah ini, daun pisang frozen yang saya gunakan.

Jika ingin mempunyai stock daun pisang, mudah koq... Daun pisang yang sudah dibuang tulang daunnya, dilipat, dimasukkan dalam plastik besar, simpan dalam freezer. Keluarkan jika hendak dipakai. Cuci cukup dengan dialirkan air mengalir, lalu tiriskan, siap dipakai.




Selamat berpepes ria…

No comments:

Post a Comment