Friday, October 19, 2012

Pepes Tahu

Kali ini saya buat Pepes Tahu. Kadang kita malas bikin pepes, karena kesannya ribet. Harus punya daun pisang lah, harus dikukus lah, air kukusan harus sering dipantau lah. Nah kali ini, saya perkenalkan cara memepes yang praktis.
  




Pepes Tahu

Sumber: Yasaboga, Koleksi 120 Resep Masakan Sayur (modified by Widya)

Note from Widya:
Dalam resep ini, semua bumbu mentah dicampur dengan tahu. Metode masak pepes yang digunakan bukan dengan kelakat (kukusan), melainkan dengan oven (metode wet heat).
Jika tidak punya oven, bisa juga dicoba dengan kukusan. Hanya menggunakan oven lebih praktis, tidak pelu bolak-balik menambahkan air kukusan.

Bahan:
2 bh         tahu cina, haluskan
4 lbr         daun jeruk, buang tulangnya, iris halus
2 btg        daun bawang, iris tipis
1 btr        telur
100 mL    santan kental dari ½ btr kelapa
12 lbr       daun salam

Bumbu halus:
3 bh         cabai merah
5 bh         bawang merah
5 siung    bawang putih
½ sdt       merica bulat
2 btr        kemiri sangria/goreng
1 sdt        garam
½ sdt       terasi
                  gula sesuai selera

Cara:
1.        Aduk tahu dengan bumbu, bagi menjadi 10-12 buah.
2.       Ambil 2 lbr daun pisang, beri 1 lbr daun salam dan 1 bgn adonan. Gulung seperti lontong, sematkan kedua ujungnya.
Kukus 10 menit, angkat. Panggang sebentar supaya kering. (Widya: bungkus dengan aluminium foil, lalu dipanggang 200oC dengan api atas & bawah selama ± 40 menit, balik 20 menit pertama.







Note & tips dari Widya:

- Saya menggunakan daun pisang frozen. Dicuci, lalu ditiriskan.
  Bagi yang ingin mempunyai stock daun pisang, bisa membeli daun pisang jumlah banyak, lalu dibuang tulang daun, lipat, simpan dalam frozen dalam plastik besar. Siap digunakan kapan saja.










- Siapkan tools: gunting dapur, tusuk gigi, dan tang dengan mata tajam untuk memotong semat tusuk gigi.



- Pepes yang sudah dibungkus daun pisang, saya bungkus kembali dengan aluminium foil, lalu dipanggang di oven. Ini sama saja mematangkan pepes dengan uap yang terperangkap dalam aluminium foil (wet heat).
- Pepes matang, biasanya ditandai dengan keluarnya aroma daun pisang kering terbakar. Ini artinya, lauk didalam bungkus daun sudah mulai kering dan matang.

No comments:

Post a Comment