Monday, January 28, 2013

KBB # 32: Rolls Nice

Awal tahun marii Rockin' Rolls.....

Yupp tantangan awal tahun ini KBB adalah membuat Japanese Roll Cake (JRC) yg sedang trend.
Untuk motif boleh ikut dari resep acuan atau buat sendiri sesuai selera.

Nah untuk trial pertama saya bikin motif pokaldot & diagonal biar gak stress kalo gagal. Kan ingat pesan suami: "Keep It Simple"...dan "Mulailah melakukan sesuatu dari hal yang Sederhana".











Setelah motif polkadot, saya mencoba motif batik. Soalnya penasaran...Maka jadilah Batik Kawung Roll disamping ini.





















Saya lebih suka rasa roll cake Batik ini. Karena saya beri coklat  bubuk sebagai perasa. Dan diberi filling selai untuk Roll 1 dan filling Nutella untuk Roll 2.

Karena jika JRC bila tidak diberi perasa dan filling juga hanya cream tawar, makan rasa telur akan terasa dominan. Karena memang banyak menggunakan putih telur, seperti halnya Angel Food Cake


Akan tetapi kelembutan cake ini memang berbeda. Sangat lembut...Hebat ya orang Jepang, bisa mengkreasikan cake tanpa banyak lemak jenuh. Dan lebih edan lagi, ketelatenan mereka membuat moti-motif unik di setiap JRC.


Nah sekarang saatnya membahas behind the cake.....
Menurut saya, JRC ini prinsipnya seperti Chiffon Cake, yaitu adanya pencampuran adonan pasta + adonan putih telur. JRC & Chiffon Cake sama-sama lembut & spogy, karena didominasi oleh adonan putih telur dan menggunakan minyak sayur sebagai fat.

Bila nanti dilihat dari resep yang panjang, jangan bingung dulu ya....Summarynya sengaja saya tulis dulu sebelum menuliskan resepnya.

JRC ini intinya terdiri dari 3 jenis adonan:
1. ADONAN I: mirip konsep pasta dlm Chiffon Cake, hanya saja dibuat dgn metode Sponge Cake (telur dikocok dengan gula hingga kental).
2. Adonan MOTIF: adonan putih telur + meizena + pewarna (dikocok hingga soft peak)
3. ADONAN II: adonan putih telur (dikocok hingga soft peak)
Nanti, Adonan MOTIF akan ditambahkan sedikit ADONAN I supaya menyatu.
Dan sebagai adonan utama, maka ADONAN I akan dicampur ADONAN II

Sehingga ada, beberapa kritikal point dalam pembuatan JRC:
- kocok telur + gula hingga kental
- kocok putih telur hingga soft peak (Supaya putih telur mengembang, wadah pengocokan harus bebas lemak. Wadah metal/kaca lebih baik, kalo perlu dicuci dengan air panas. Putih telur juga tidak boleh tercemar dengan kuningnya)
- ketebalan cake & teknik menggulung juga menentukan cake akan mulus. Roll Cake yang masih dibungkus paper, jangan terlalu lama disimpan di freezer, resiko lengket.

Menggulung Roll Cake sudah biasa bagi saya. Tapi untuk belajar JRC ini, saya bolak balik mampir ke blognya  "Mba R" (Rachmah Setyawati) dan belajar dari tips & trik dari Mba R yang belio sharing di milist.




Untuk 2 gulung Roll Cake (2 loyang 22 x 22 x 3 cm) resepnya berikut:

Japanese Roll Cake 


Bahan-bahan :
ADONAN I
6 butir kuning telur 
60 gr   gula pasir
60 cc  minyak goreng 
90 cc  air
120 gr tepung terigu 

vanila






Adonan untuk membuat MOTIF :
90 gr  putih telur (± 3 putih telur)
22 gr  gula pasir
15 gr  tepung maizena


ADONAN II
240 gr  putih telur (
± 8-9 putih telur)
sedikit  garam halus (0,5 gr)
75 gr    gula pasir
1.5 sdt  air jeruk nipis (lemon)
22 gr     tepung maizena 
coklat bubuk untuk pewarna


Filling :
Fresh Cream dingin, non dairy, kocok hingga soft peak. Siap digunakan sebagai filling. (Untuk Roll batik, saya pakai selai untuk mengimbangi rasa cake yang manis & plain kurang gurih)
Cara Membuat :
1. Buat bahan ADONAN I
    - Kocok kuning telur, gula pasir, dan vanila hingga mengembang kental. Sambil terus dikocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok terus hingga merata, lalu mulai tambahkan air sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok speed sedang.
    - Setelah merata, sekarang masukkan ke dalamnya tepung terigu, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga merata dan kental. Sisihkan

2. Sekarang buat adonan untuk MOTIF dulu. 
    - Kocok putih telur dan sebagian gula pasir hingga mengembang , tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga mulai soft peak.
Lalu masukkan tepung maizena ke dalamnya, kocok sebentar hingga tercampur merata kental/soft peak, jangan sampai hardpeak. Matikan mixer.


   - Ambil sebagian adonan I, kira2 5-6 sdm , lalu masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif tadi, aduk ringan merata. 
   - Bagi menjadi 2 bagian, yaitu untuk Roll Cake ke-1 Polkadot dan Roll Cake ke-2 Garis diagonal. Tapi karena kedua Roll Cake saya warnanya sama maka adonan MOTIF langsung saya bagi 2, yaitu untuk gradasi warna coklat muda, coklat medium, coklat tua.
Siapkan 2 bh loyang ukuran 22 x 22 x 3 cm . Siapkan kertas motif yang akan kita buat acuan, letakkan pd dasar loyang, lalu poles kertas ini dgn sedikit mentega di beberapa tempat. Setelahnya baru tutup kertas motif ini dengan parchment paper, selanjutnya tdk perlu dipoles, langsung bisa kita mulai membuat adonan motifnya. Ambil adonan motif warna coklat muda tuangkan rapi pd motif yang diinginkan. Teruskan mengisi motif lain dengan warna yg diinginkan.
- Setelah tertuang rapi motifnya, Segera masukkan ke dlm freezer hingga adonan motif beku (± 10 menit). Baru bisa ditimpa dengan adonan utama (akan disiapkan saat adonan MOTIF difreezer).
- Untuk loyang kedua Garis diagonal, ulangi step meletakkan kertas motif pada dasar loyang, dst.

3. Sambil menunggu adonan motif beku, buatlah ADONAN ke II (adonan utama) 

- Kocok putih telur + sebagian gula pasir hingga mengembang, tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi sebentar , lalu tambahkan air jeruk nipis, kocok speed sedang hingga soft peak. Kemudian tambahkan tepung maizena ke dalamnya.Kocok hingga merata dan kental/soft peak.

4. Gabungkan kedua ADONAN I & II. 
Ambil sebagian adonan putih telur (ADONAN II), masukkan ke dlm ADONAN I, aduk ringan merata. Baru setelahnya tambahkan sisa semua ADONAN II, aduk ringan merata. Karena 2 Roll warnanya sama, maka campuran adonan saya tambahkan sedikit coklat bubuk supaya berwarna coklat muda (lebih muda dari warna MOTIF). Keluarkan loyang berisi adonan MOTIF dari freezer. Bagi rata ADONAN CAMPURAN menjadi 2 bagian , tuang ke atas motif Polkadot. Ratakan ringan saja bagian permukaan atasnya. Siap dioven.

Sementara ADONAN CAMPURAN kedua, gunakan untuk menimpa adonan motif Garis diagonal di loyang kedua.



Panaskan oven hingga panas cukup tinggi, sekitar 165-175 derajat Celcius, setelah selesai dituang semua adonan, segera masukkan oven , panggang selama kurang lebih 20-25 menit / hingga matang.Setelah matang, keluarkan cake dari loyang (bisa dengan bantuan mengerik pinggir cake dgn spatula tipi/pisau), lepas kertas roti hati-hati, biarkan hingga dingin/uap panas hilang.
Saat cake sudah dingin. Poles bagian permukaan atas cake (bagian yg kecoklatan) dengan bahan filling agak tebal , lalu gulung rapi , bungkus rapat dgn kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di freezer hingga set/keras (jangan terlalu lama, untuk mengurangi cake lengket dengan parchment paper). Setelahnya barulah dapat dipotong2 dengan rapi dan cantik, siap dipacking/disajikan.






Resep aslin JRC yang dicantumkan di Surat Tjintah adalah sbb di bawah (loyang 20 x 20 x 5 cm):
Japanese Roll Cake (JRC)
Resep adaptasi JUNKO Book 
Modifikasi : Rachmah Setyawati
---------------------------------------------
Bahan-bahan :

Adonan I
4 butir kuning telur 
40 gr   gula pasir
40 cc  minyak goreng 
60 cc  air
80 gr  tepung terigu 

Adonan untuk membuat motif :
60 gr putih telur
15 gr gula pasir
10 gr tepung maizena
Adonan II
160-175 gr putih telur
sedikit garam halus (0,5 gr)

50 gr          gula pasir
1 sdt         air jeruk nipis
15 gr         tepung maizena 
1 sdm  Pasta Blueberry /pewarna ungu tua


Filling :
Fresh Cream dingin, non dairy, kocok hingga soft peak. Siap digunakan sebagai filling.


Cara Membuat :

1. Buat bahan adonan I , kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang kental. Sambil terus dikocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok terus hingga merata, lalu mulai tambahkan air sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok speed sedang.
2. Setelah merata, sekarang masukkan ke dalamnya tepung terigu, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga merata dan kental. Sisihkan

3. Sekarang buat adonan untuk MOTIF dulu. Kocok putih telur dan sebagian gula pasir hingga mengembang , tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga mulai soft peak.
   Lalu masukkan tepung maizena ke dalamnya, kocok sebentar hingga tercampur merata kental/soft peak, jangan sampai hardpeak. Matikan mixer.

4. Ambil sebagian adonan I, kira2 5-6sdm , lalu masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif tadi, aduk ringan merata. Bagi menjadi 2 bagian. Bagian adonan MOTIF PERTAMA bagi lagi menjadi 3 , beri masing2 warna kuning muda, pink muda dan pink agak tua (Widya: adonan Motif langsung dibagi 3, karena akan diberi warna coklat 3 gradasi).
5. Siapkan 2 bh loyang ukuran 20X20X5cm . Siapkan kertas motif yang akan kita buat acuan, letakkan pd dasar loyang, lalu poles kertas ini dgn sedikit mentega di beberapa tempat. Setelahnya baru tutup kertas motif ini dengan kertas roti, selanjutnya tdk perlu dipoles, langsung bisa kita mulai membuat adonan motifnya. Ambil adonan motif warna pink muda tuangkan rapi pd motif love  dua atau tiga buah, baru kemudian ambil warna pink agak tua , tuangkan rapi pd motif love yg masih kosong.Begitu juga dgn motif bentuk polkadot besar dan kecilnya, warna bisa kita sesuaikan selera saja, bergantian antara pink muda, kuning muda dan pink agak tua.
6. Setelah tertuang rapi motifnya, Segera masukkan ke dlm freezer hingga adonan motif beku. Baru bisa ditimpa dengan adonan utama.
7. Untuk loyang kedua, terserah kita hendak berkreasi dengan motif apa saja, gunakan Bagian adonan MOTIF KEDUA, beri warna sesuai keinginan, bebas berkreasi. Lakukan step motif sama dgn sebelumnya.

8. Sambil menunggu adonan motif beku, buatlah adonan ke II (adonan utama) 
Buat adonan II ; Kocok putih telur + sebagian gula pasir hingga mengembang, tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi sebentar , lalu tambahkan air jeruk nipis, kocok speed sedang hingga soft peak. Kemudian tambahkan tepung maizena ke dalamnya.Kocok hingga merata dan kental/soft peak.
Gabungkan kedua adonan I & II. 
Ambil sebagian adonan putih telur (adonan II), masukkan ke dlm adonan I, aduk ringan merata. Baru setelahnya tambahkan sisa semua adonan II, aduk ringan merata. 

Bagi rata menjadi 2 bagian , yang pertama beri pasta blueberry/pewarna ungu, aduk rata , keluarkan loyang berisi adonan motif dari freezer, tuang adonan pasta blueberry ini di atas motif love tadi. Ratakan ringan saja bagian permukaan atasnya. Siap dioven.
Sementara adonan kedua, gunakan untuk menimpa adonan motif yg kita buat sesuai selera kita tadi, di loyang kedua.
Panaskan oven hingga panas cukup tinggi, sekitar 165-175 derajat Celcius, setelah selesai dituang semua adonan, segera masukkan oven , panggang selama kurang lebih 20-25 menit / hingga matang.
Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, lepas kertas roti hati=hati, biarkan hingga dingin/uap panas hilang.
Saat cake sudah dingin. Poles bagian permukaan atas cake (bagian yg kecoklatan) dengan bahan filling agak tebal , lalu gulung rapi , bungkus rapat dgn kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di freezer hingga set/keras. 

Setelahnya barulah dapat dipotong2 dengan rapi dan cantik, siap dipacking/disajikan.

** Contoh motif Love , terlampir, kita bisa buat sendiri dari kertas roti/kertas HVS, seukuran loyang.




Nah...siap mencoba JRC kan ???



No comments:

Post a Comment